Label

Senin, 27 Februari 2012

Ende Lio - Flores - NTT

Bagian-1 (Wolowaru)

Ende Lio, sebuah wilayah yang masuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Ende di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, sejak masa kemerdekaan telah melahirkan banyak cendekiawan yang juga telah memberikan andil kepada pembangunan di republik ini.

Berbatasan langsung dengan Kabupaten Sikka di bagian timur, dan Kabupaten Ngada di bagian barat, serta Laut Flores di utara dan Laut Sawu di selatan, Kabupaten Ende memberikan pesona tersendiri yang mampu menghipnotis siapa saja yang datang ke Pulau Flores.

Wilayah Ende Lio meliputi 18 kecamatan, diantaranya adalah Kecamatan Detukeli, Detusoko, Ende, Ende Selatan, Ende Tengah, Ende Timur, Ende Utara, Kelimutu, Kota Baru, Lio Timur, Mau Karo, Mau Role, Nangapanda, Ndona, Ndona Timur, Ndori, Pulau Ende, Wewaria, Wolojita, dan Wolowaru.

Dari ke-18 kecamatan tersebut memiliki karakteristik yang hampir sama dan merupakan sebuah rumpun besar dalam etnis Ende, dan etnis Lio. Selain itu, pengaruh Ende Lio di Pulau Flores juga meliputi hingga sebagian wilayah di Kabupaten Nagekeo serta sebagian di Kabupaten Sikka.

Dimulai dari Kecamatan Wolowaru, kami sajikan beberapa objek penting untuk memperkayah kasanah dan pemahaman kita tentang wilayah Ende Lio yang kita cintai, dan semoga melalui media ini, kekhasan kita semakin dikenal dalam rangka memperkuat kekayaan khasanah informasi di republik ini.


sa'o ria di wolowaru

pasar tradisional di wolowaru



pasar tradisional di wolowaru

pasar tradisional di wolowaru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar