Label

Minggu, 15 April 2012

Pengukuhan Pengurus IKEL Sangatta


Pengurus IKEL Sangata Periode 2012-2015
Bertempat di Lapangan Kabo Jaya, pengurus IKEL Sangatta dikukuhkan. Lebih seribu orang menghadiri acara pengukuhan IKEL Sangatta oleh Bupati Ende, Bapak Drs. Don M. Wangge, M. Si., dengan disaksikan oleh Wakil Bupati Kutai Timur, Bapak Ardiansyah Sulaiman.

Pengalungan selendang panjang (Luka dalam bahasa Lio) serta Wedho Wanda yang diiringi dengan irama Nggo Wani, seolah mengiringi lemah gemulainya gerakan tari yang dilakukan oleh para perempuan Ende Lio menyambut kedatangan Bupati Ende, Wakil Bupati Kutai Timur dan Wakil Ketua DPRD Kutai Timur.

Pengukuhan IKEL Sangatta oleh Bupati Don M. Wangge
Sebuah awal indah untuk membangun kebersamaan dalam keberagaman ditanah perantauan bernama Kutai Timur. Hal tersebut ditunjukan pula dengan terlibatnya para penari dari Suku Dayak Kenyah yang mempertontonkan sebuah tarian perang dihadapan para tamu. Beda itu indah.....sebuah kalimat pendek yang pantas untuk dimaknai secara dalam bagi siapa saja, termasuk warga Kutai Timur yang berasal dari Ende Lio.

Sebelum pengukuhan, dibacakan surat keputusan pengukuhan pengurus IKEL Sangatta periode 2012-2015, yang selanjutnya dilakukan pengucapan janji untuk menjalankan organisasi tersebut secara baik dan bertanggung jawab.

Wabub Kutai Timur (Ardiansyah Sulaiman)
Pada kesempatan yang sama, juga ditandatangani Berita Acara Pengukuhan IKEL Sangatta oleh Bupati Ende, Don M. Wangge dan Wakil Bupati Kutai Timur, Ardiansyah Sulaiman serta Ketua IKEL Sangatta, Yulius Marselius Sengga.

Sementara itu, pada malam hari, dilanjutkan dengan acara ramah tamah serta gelar budaya dan juga dihadiri oleh Wakul Bupati Kutai Timur, dan acara gelar budaya diawali dengan tarian perang dari warga Lamaholot, Kabupaten Flores Timur, kemudian kesenian tingkilan dan tari Jepen dari warga Kutai, serta penampilan para penyanyi yang menyanyikan lagu-lagu daerah Ende Lio.

Bupati Ende, juga tidak mau ketinggalan dengan warga lainnya, akhirnya turut menyumbangkan suaranya serta menyanyikan sebuah lagu lama berjudul "ana sai nabe".


Keberadaan IKEL Sangatta serta kunjungan Bupati Ende ke Kutai Timur, telah membawa sebuah semangat baru bagi warga Ende Lio dan NTT di perantauan, dan untuk hal ini, Bupati Don Wangge merupakan pemimpin pertama dari NTT yang mengunjungi Kutai Timur.

IKEL Sangatta, telah lahir, semoga terus bertumbuh dalam kebersamaan diatara keragaman yang ada sekaligus sebagai wadah pemersatu bagi seluruh warga Kutai Timur yang berasal dari Ende Lio pada khususnya serta NTT pada umumnya.




1 komentar:

  1. salute untuk semangat keluarga besar ende lio di sangatta...semoga ikel dapat menjadi embrio untuk memperkuat persaudaraan masyarakat ende lio di seluruh kutai timur (tentunya perlu segera didorong pembentukan ranting pada masing2 kecamatan) serta juga menjadi embrio untuk mendorong lahirnya ikatan keluarga lio ende kalimantan timur....selamat....

    BalasHapus